Minggu, 19 Juni 2011

rpp biologi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : MAN 1 Metro
Mata Pelajaran           : Biologi
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                   : 11 dan 12
Alokasi Waktu            :  4  45 menit (4 jam pelajaran)
Standar Kompetensi: 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar       : 4.1 Mendeskripsikan peran komponan ekosistem  dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
           
I.                   Indikator
v  Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
v  Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
v  Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
v  Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi
v  Menggambar bagan daur biogeokimia

II.                Tujuan                             
Agar siswa dapat:
v Menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem
v Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
v Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
v Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
v Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi
v Menggambar bagan daur biogeokimia

III.             Materi Ajar
v Pengertian ekologi sebagai ilmu
v Ekosistem dan komponen penyusunnya
v Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya
v Tingkat organisasi komponen biotik dalam  ekosistem
v Berbagai interaksi dalam ekosistem
v Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi
v Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
v Daur biogeokimia

IV.             Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran       :   Cooperative Learning tipe STAD (Diskusi, pengamatan, presentasi)
V.                Langkah – Langkah Kegiatan Belajar

A.    Pertemuan 11 (2 x 45 menit /2 jam pelajaran)

No
KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
GURU
SISWA
1.
Kegiatan Awal
Ø   Mengucapkan salam dan menanyakan kondisi siswa.


Ø    Guru mengadakan Pre Test yang berisi 3 soal uraian yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.

Ø   Guru membagi 35 Siswa dalam 1 kelas menjadi 5 kelompok (@ kelompok berisi 7 siswa yang heterogen), setiap kelompok memiliki seorang ketua kelompok, seorang pencatat, tiga orang  pengarah atau pendorong, seorang perangkum, seorang moderator)
Ø  Guru menjelaskan cara belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division ).
Ø  Motivasi          : Guru menanyakan interaksi ikan yang hidup diaquarium dengan berbagai komponen abiotik yang ada ?        
Ø  Apersepsi        : Guru menanyakan kembali proses terjadinya ekosistem, okologi dan interaksi yang terjadi?

Ø Menjawab salam dan pertanyaan – pertanyaan guru
Ø Mekngerjakan pretest















15 menit
2.
Kegiatan Inti
Ø Guru meminta siswa duduk dalam kelompoknya masing-masing.
Ø Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi permasalahan kepada setiap kelompok yang harus diselidiki oleh siswa.  Kegiatan penyelidikan dilakukan sesuai dengan prosedur di LKS.
Ø Guru memberikan gambar yang harus diamati oleh masing-masing kelompok
Ø Guru membimbing siswa melakukan pengamatan, diskusi, dan pengisian LKS pengamatan,  tentang :
Ø  Kelompok I    :  gamabar ekosistem laut
Ø  Kelompok II   :  gambar ekosistem darat
Ø  Kelompok III  :            gambar ekosistem sawah
Ø  Kelompok IV  :gambar ekosistem rawa
Ø  Kelompok V    : gambar ekosistem tanah 
                                       
Ø Kemudian setiap kelompok mendeskipsikan istilah yang ada, misal : habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
Ø Guru memilih perwakilan dari masing-masing kelompok untuk maju mempresentasikan hasil pengamatannya secara bergantian.
Ø Guru bersama siswa menyimpulkan istilah – istilah yang ada pada ekosistem, interaksi yang ada didalam ekosistem.
Ø Guru memberi pujian kepada kelompok maupun individu dengan penampilan dan hasil pengamatan terbaik. (Tim baik, Tim hebat, Tim Super)



Siswa menempatkan diri pada kelompoknya masing – masing
Siswa menerima LKS dan menyelidiki sesuai dengan prosedur yang ada

Siswa mengamati secara berkelompok dan mendiskusikannya






Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok yang lain memberi tanggapan

60 menit
3.
Kegiatan Akhir
Ø  Guru mengadakan tes akhir (post tes) 3 soal uraian mengenai materi yang dipelajari
Ø  Guru menugaskan siswa untuk membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
Ø  Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk melakukan pengamatan  tentang ekosistem yang ada dilingkungan tempat tinggalnya 
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam



Mengerjakan Post test

Mengerjakan tugas dari guru



Menjawab salam denga baik
15 menit


B.     Pertemuan 12 (2 x 45 menit /2 jam pelajaran)

No
KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
GURU
SISWA
1.
Kegiatan Awal
Ø   Mengucapkan salam dan menanyakan kondisi siswa.


Ø    Guru mengadakan Pre Test yang berisi 3 soal uraian yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
Ø   Guru membagi 35 Siswa dalam 1 kelas menjadi 5 kelompok (@ kelompok berisi 7 siswa yang heterogen), setiap kelompok memiliki seorang ketua kelompok, seorang pencatat, tiga orang  pengarah atau pendorong, seorang perangkum, seorang moderator)
Ø  Motivasi          : Guru menanyakan apakah kamu mengetahui proses makan – dimakan pada rantai makanan?
Ø  Apersepsi        : Guru menanyakan kembali bagaimana terjadinya ekosistem?

Ø Menjawab salam dan pertanyaan – pertanyaan guru
Ø Mekngerjakan pretest















15 menit
2.
Kegiatan Inti
Ø Guru meminta siswa duduk dalam kelompoknya masing-masing.
Ø Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi permasalahan kepada setiap kelompok yang harus diselidiki oleh siswa.  Kegiatan penyelidikan dilakukan sesuai dengan prosedur di LKS.
Ø Guru memberikan gambar yang harus diamati oleh masing-masing kelompok
Ø Guru membimbing siswa melakukan pengamatan, diskusi, dan pengisian LKS pengamatan,  tentang : rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi, serta Menggambar bagan daur biogeokimia
Ø Kemudian setiap kelompok menpersentasikan hasil diskusinya.                        
Ø  Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk maju mempresentasikan hasil pengamatannya secara bergantian.

Ø Guru bersama siswa menyimpulkan istilah – istilah yang ada pada rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi, serta daur biogeokimia.
Ø Guru memberi pujian kepada kelompok maupun individu dengan penampilan dan hasil pengamatan terbaik. (Tim baik, Tim hebat, Tim Super)


Siswa menempatkan diri pada kelompoknya masing – masing
Siswa menerima LKS dan menyelidiki sesuai dengan prosedur yang ada


Siswa mengamati secara berkelompok dan mendiskusikannya

Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok yang lain memberi tanggapan
60 menit
3.
Kegiatan Akhir
Ø  Guru mengadakan tes akhir (post tes) 3 soal uraian mengenai materi yang dipelajari
Ø  Guru menugaskan siswa untuk membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
Ø  Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk membuat daur biogeokimia dan piramida ekologi, siklus energi dan daur energi yang diambil dari pengamatan yang ada disekitar tempat tinggalnya
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam



Mengerjakan Post test

Mengerjakan tugas dari guru




Menjawab salam denga baik
15 menit
VI.             Alat dan Sumber Belajar
Alat                 :
 Alat Tulis, Mistar, Penghapus, dan Media Gambar Beberapa Ekosistem
Sumber Belajar :
Ø  Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis
Ø  Buku Biologi X, Dyaharyuliana 
Ø  Ekosistem yang ada di sekitar sekolah
VII. Penilaian
Ø  Jenis tagihan
1.   Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem
 2.  Uji kompetensi tertulis
Ø Instrumen penilaian
1.   Lembar penilaian hasil praktikum
2.   Soal uji kompetensi tertulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar