RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MAN 1 Metro
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 45 menit (4 jam pelajaran)
Standar Kompetensi: 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan peran komponan ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
I. Indikator
v Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
v Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
v Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
v Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi
v Menggambar bagan daur biogeokimia
II. Tujuan
Agar siswa dapat:
v Menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem
v Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
v Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
v Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
v Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi
v Menggambar bagan daur biogeokimia
III. Materi Ajar
v Pengertian ekologi sebagai ilmu
v Ekosistem dan komponen penyusunnya
v Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya
v Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
v Berbagai interaksi dalam ekosistem
v Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi
v Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
v Daur biogeokimia
IV. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran : Cooperative Learning tipe STAD (Diskusi, pengamatan, presentasi)
V. Langkah – Langkah Kegiatan Belajar
A. Pertemuan 11 (2 x 45 menit /2 jam pelajaran)
No | KEGIATAN | ALOKASI WAKTU | |
GURU | SISWA | ||
1. | Kegiatan Awal Ø Mengucapkan salam dan menanyakan kondisi siswa. Ø Guru mengadakan Pre Test yang berisi 3 soal uraian yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan. Ø Guru membagi 35 Siswa dalam 1 kelas menjadi 5 kelompok (@ kelompok berisi 7 siswa yang heterogen), setiap kelompok memiliki seorang ketua kelompok, seorang pencatat, tiga orang pengarah atau pendorong, seorang perangkum, seorang moderator) Ø Guru menjelaskan cara belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division ). Ø Motivasi : Guru menanyakan interaksi ikan yang hidup diaquarium dengan berbagai komponen abiotik yang ada ? Ø Apersepsi : Guru menanyakan kembali proses terjadinya ekosistem, okologi dan interaksi yang terjadi? | Ø Menjawab salam dan pertanyaan – pertanyaan guru Ø Mekngerjakan pretest | 15 menit |
2. | Kegiatan Inti Ø Guru meminta siswa duduk dalam kelompoknya masing-masing. Ø Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi permasalahan kepada setiap kelompok yang harus diselidiki oleh siswa. Kegiatan penyelidikan dilakukan sesuai dengan prosedur di LKS. Ø Guru memberikan gambar yang harus diamati oleh masing-masing kelompok Ø Guru membimbing siswa melakukan pengamatan, diskusi, dan pengisian LKS pengamatan, tentang : Ø Kelompok I : gamabar ekosistem laut Ø Kelompok II : gambar ekosistem darat Ø Kelompok III : gambar ekosistem sawah Ø Kelompok IV :gambar ekosistem rawa Ø Kelompok V : gambar ekosistem tanah Ø Kemudian setiap kelompok mendeskipsikan istilah yang ada, misal : habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem. Ø Guru memilih perwakilan dari masing-masing kelompok untuk maju mempresentasikan hasil pengamatannya secara bergantian. Ø Guru bersama siswa menyimpulkan istilah – istilah yang ada pada ekosistem, interaksi yang ada didalam ekosistem. Ø Guru memberi pujian kepada kelompok maupun individu dengan penampilan dan hasil pengamatan terbaik. (Tim baik, Tim hebat, Tim Super) | Siswa menempatkan diri pada kelompoknya masing – masing Siswa menerima LKS dan menyelidiki sesuai dengan prosedur yang ada Siswa mengamati secara berkelompok dan mendiskusikannya Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok yang lain memberi tanggapan | 60 menit |
3. | Kegiatan Akhir Ø Guru mengadakan tes akhir (post tes) 3 soal uraian mengenai materi yang dipelajari Ø Guru menugaskan siswa untuk membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya Ø Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk melakukan pengamatan tentang ekosistem yang ada dilingkungan tempat tinggalnya Ø Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam | Mengerjakan Post test Mengerjakan tugas dari guru Menjawab salam denga baik | 15 menit |
B. Pertemuan 12 (2 x 45 menit /2 jam pelajaran)
No | KEGIATAN | ALOKASI WAKTU | |
GURU | SISWA | ||
1. | Kegiatan Awal Ø Mengucapkan salam dan menanyakan kondisi siswa. Ø Guru mengadakan Pre Test yang berisi 3 soal uraian yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan. Ø Guru membagi 35 Siswa dalam 1 kelas menjadi 5 kelompok (@ kelompok berisi 7 siswa yang heterogen), setiap kelompok memiliki seorang ketua kelompok, seorang pencatat, tiga orang pengarah atau pendorong, seorang perangkum, seorang moderator) Ø Motivasi : Guru menanyakan apakah kamu mengetahui proses makan – dimakan pada rantai makanan? Ø Apersepsi : Guru menanyakan kembali bagaimana terjadinya ekosistem? | Ø Menjawab salam dan pertanyaan – pertanyaan guru Ø Mekngerjakan pretest | 15 menit |
2. | Kegiatan Inti Ø Guru meminta siswa duduk dalam kelompoknya masing-masing. Ø Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi permasalahan kepada setiap kelompok yang harus diselidiki oleh siswa. Kegiatan penyelidikan dilakukan sesuai dengan prosedur di LKS. Ø Guru memberikan gambar yang harus diamati oleh masing-masing kelompok Ø Guru membimbing siswa melakukan pengamatan, diskusi, dan pengisian LKS pengamatan, tentang : rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi, serta Menggambar bagan daur biogeokimia Ø Kemudian setiap kelompok menpersentasikan hasil diskusinya. Ø Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk maju mempresentasikan hasil pengamatannya secara bergantian. Ø Guru bersama siswa menyimpulkan istilah – istilah yang ada pada rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi, serta daur biogeokimia. Ø Guru memberi pujian kepada kelompok maupun individu dengan penampilan dan hasil pengamatan terbaik. (Tim baik, Tim hebat, Tim Super) | Siswa menempatkan diri pada kelompoknya masing – masing Siswa menerima LKS dan menyelidiki sesuai dengan prosedur yang ada Siswa mengamati secara berkelompok dan mendiskusikannya Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok yang lain memberi tanggapan | 60 menit |
3. | Kegiatan Akhir Ø Guru mengadakan tes akhir (post tes) 3 soal uraian mengenai materi yang dipelajari Ø Guru menugaskan siswa untuk membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya Ø Guru memberi tugas kelompok pada siswa untuk membuat daur biogeokimia dan piramida ekologi, siklus energi dan daur energi yang diambil dari pengamatan yang ada disekitar tempat tinggalnya Ø Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam | Mengerjakan Post test Mengerjakan tugas dari guru Menjawab salam denga baik | 15 menit |
VI. Alat dan Sumber Belajar
Alat :
Alat Tulis, Mistar, Penghapus, dan Media Gambar Beberapa Ekosistem
Sumber Belajar :
Ø Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis
Ø Buku Biologi X, Dyaharyuliana
Ø Ekosistem yang ada di sekitar sekolah
VII. Penilaian
Ø Jenis tagihan
1. Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem
2. Uji kompetensi tertulis
Ø Instrumen penilaian
1. Lembar penilaian hasil praktikum
2. Soal uji kompetensi tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar